Alamat : Jl. Jombang Raya No. 25A, Pondok Aren, Banten         Telpon : 021 7332829

AYO BERGERAK JADI GURU PENGGERAK

Jul 16, 2022

Semarak  tagar #gurupenggerak banyak berseliweran di jagat maya. Pernyataan mari memajukan pendidikan Indonesia pun demikian. Program Guru Penggerak merupakan upaya untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik.

Pada tahun ini , Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemendikbudristek) kembali membuka pendaftaran seleksi calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik. Pendaftaran untuk Guru Penggerak telah dilakukan pada 4-29 Oktober2021. Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya.

Program  Guru penggerak dilakukan dengan tujuan untuk melaksanakan metode pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi role model serta menjadi contoh change agent dalam dunia pendidikan nasional agar dapat mewujudkan sosok Pelajar yang mampu memiliki nilai-nilai luhur Pancasila dan nasionalisme yang tinggi. Pada tahun ini salah satu Guru Sekolah An Nisa ’- Izada tepatnya Guru bidang Studi SMP An Nisaa’ yaitu Ibu Luthfiah Azizah, S.Pd mampu membuktikan diri memenuhi persyaratan dengan terpilih menjadi Finalis Nasional sebagai Guru Penggerak.

Proses seleksi Guru Penggerak ini cukup  ketat  karena beberapa persyaratan harus bisa di penuhi, salah satunya  adalah bersedia  untuk mendampingi peserta selama proses pendidikan  dan pendampingan selama 6 bulan. Terakhir dan tak kalah pentingnya adalah Guru yang terpilih telah menerapkan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership), serta mendapat  izin dari pimpinan/atasan tempat Guru tersebut bertugas. Alhamdulillah Guru Sekolah An Nisaa’-Izada telah rutin mendapakan pelatihan mengenai leadership yang diadakan oleh Yayasan dengan menggunakan tools leadership dari 7 habits sehingga hal tersebut merupakan salah satu nilai lebih bagi Guru-Guru Sekolah An Nisaa’-Izada yang memiliki minat mengikuti seleksi Guru Penggerak ini.

Sebagai bentuk apresiasi YPII Sekolah An Nisaa’-Izada melalui perwakilannya Bapak Andi Purwanto selaku Sekretaris yayasan pun memberikan hadiah penghargaan kepada Guru yang telah berprestasi dan membawa citra baik bagi yayasan pada 29 November 2021.  Semoga dengan terpilihnya Ibu Luthfiah Azizah, S.Pd dapat menginspirasi Guru-Guru lainnya untuk menjadi Guru Penggerak demi mencerdaskan kehidupan Bangsa serta memperbaiki mutu sistem pendidikan di Negara kita khususnya Sekolah An Nisaa’-Izada.