Alamat : Jl. Jombang Raya No. 25A, Pondok Aren, Banten         Telpon : 021 7332829

TANTANGAN BARU BELAJAR DAN BERTUKAR BUDAYA: STUDEX SMP AN NISAA

Jul 16, 2022

Melakukan perjalanan dan petualangan menjadi kenangan tersendiri bagi para remaja. Era saat ini yang didominasi para millennial, traveling merupakan salah satu pilihan gaya hidup bahkan kebutuhan.

Bukan hanya pengalaman saja yang didapatkan namun tantangan dan petualangan menjadi  kenangan tersendiri bagi para remaja millenial saat ini. Tak jarang setiap sekolah saat ini menawarkan beragam program unggulan pertukaran baik di tingkat lokal maupun internasional. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, lebih ditujukan untuk membiasakan rermaja millennial  dengan aneka keragaman dan pengalaman serta tantangan yang lebih besar yang dihadapi.

Program pertukaran pelajar yang lebih dikenal di kalangan pelajar SMP An Nisaa dengan istilah STUDEX  (Student Exchange)  ini berlangsung pada 28 Februari 2021. Program pertukaran khas SMP An Nisaa ini merupakan salah program unggulan yang dinantikan para siswa saat memasuki jenjang kelas 8. Kegiatan yang jika dalam kondisi normal tanpa pandemi memberikan kesan yang mendalam bagi para siswa setelah satu pekan menjalani perjalanan dan pengalaman baru di daerah pilihan antara lain SMPN 6 Mataram NTB, SMPN 5 Batu Sangkar, SMPN 3 Bukit Tinggi Sumbar, SMPN 1 Pandaan, serta SMPN 1 Ngoro Jawa Timur.

Dibutuhkan persiapan matang berupa kesiapan moril mapun materil dan pengetahuan untuk dapat beradaptasi di tempat yang baru. Bertukar kebiasaan, pengetahuan dan budaya baru hingga kesan yang tidak dapat dilupakan merupakan hasil yang akan didapatkan para siswa dan mempresentasikannya menjadi sebuah laporan merupakan tujuan akhirnya.

Dalam kondisi pandemic covid saat ini kegiatan student exchange tetap berlangsung sesuai dengan tujuannya, yang membedakan hanyalah suasana serta waktu yang singkat yang didapatkan para siswa karena tidak adanya pengalaman secara langsung bersentuhan dengan lingkungan dan budaya setempat dikarenakan semua berlangsung secara virtual. Meskipun sangat singkat hanya 1 hari, diharapkan kegiatan ini tetap memberikan pengalaman dan tantangan seru bagi para siswa SMP An Nisaa yang terkenal tangguh dan amanah.